Sunnah - Sunnah Secara Umum Dihari Jumaat

Sunnah - Sunnah Secara Umum Dihari Jumaat


Assalamualaikum dan selamat malam untuk semuanya.
Hari ni takde resepi ya, hari ni jom kita renungkan amalan-amalan sunnah yang seharusnya kita lakukan, samaada lelaki atau perempuan.  Semoga ia nya berfaedah untuk semua yang sudi menbaca nya. Sesungguhnya yang baik itu dari ALLAH dan yang buruk itu dari kelemahan kaknoor sendiri 
WALLAHUAKLAM.





Sunnah-Sunnah Secara Umum Yang Dilakukan Pada Hari Jumaat 


1. Memperbanyak Sholawat Nabi
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya, “Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jumat, maka perbanyaklah sholawat kepadaku di dalamnya, karena sholawat kalian akan ditunjukkan kepadaku, para sahabat berkata: ‘Bagaimana ditunjukkan kepadamu sedangkan engkau telah menjadi tanah?’ Nabi bersabda: ‘Sesungguhnya Allah mengharamkan bumi untuk memakan jasad para Nabi.” (Shohih. HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, An-Nasa’i)
2. Mandi Jumat
Mandi pada hari Jumat wajib hukumnya bagi setiap muslim yang balig berdasarkan hadits Abu Sa’id Al Khudri, di mana Rasulullah bersabda yang artinya, “Mandi pada hari Jumat adalah wajib bagi setiap orang yang baligh.” (HR. Bukhori dan Muslim). Mandi Jumat ini diwajibkan bagi setiap muslim pria yang telah baligh, tetapi tidak wajib bagi anak-anak, wanita, orang sakit dan musafir. Sedangkan waktunya adalah sebelum berangkat sholat Jumat. Adapun tata cara mandi Jumat ini seperti halnya mandi janabah biasa. Rasulullah bersabda yang artinya, “Barang siapa mandi Jumat seperti mandi janabah.” (HR. Bukhari dan Muslim)
3. Menggunakan Minyak Wangi
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya, “Barang siapa mandi pada hari Jumat dan bersuci semampunya, lalu memakai minyak rambut atau minyak wangi kemudian berangkat ke masjid dan tidak memisahkan antara dua orang, lalu sholat sesuai yang ditentukan baginya dan ketika imam memulai khotbah, ia diam dan mendengarkannya maka akan diampuni dosanya mulai Jumat ini sampai Jumat berikutnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)
4. Bersegera Untuk Berangkat ke Masjid
Anas bin Malik berkata, “Kami berpagi-pagi menuju sholat Jumat dan tidur siang setelah sholat Jumat.” (HR. Bukhari). Al Hafidz Ibnu Hajar berkata, “Makna hadits ini yaitu para sahabat memulai sholat Jumat pada awal waktu sebelum mereka tidur siang, berbeda dengan kebiasaan mereka pada sholat zuhur ketika panas, sesungguhnya para sahabat tidur terlebih dahulu, kemudian sholat ketika matahari telah rendah panasnya.” (Lihat Fathul Bari II/388)
5. Sholat Sunnah Ketika Menunggu Imam atau Khatib
Abu Huroiroh radhiallahu ‘anhu menuturkan bahwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda, “Barang siapa mandi kemudian datang untuk sholat Jumat, lalu ia sholat semampunya dan dia diam mendengarkan khotbah hingga selesai, kemudian sholat bersama imam maka akan diampuni dosanya mulai jum’at ini sampai jum’at berikutnya ditambah tiga hari.” (HR. Muslim)
6. Tidak Duduk dengan Memeluk Lutut Ketika Khatib Berkhotbah
“Sahl bin Mu’ad bin Anas mengatakan bahwa Rasulullah melarang Al Habwah (duduk sambil memegang lutut) pada saat sholat Jumat ketika imam sedang berkhotbah.” (Hasan. HR. Abu Dawud, Tirmidzi)
7. Sholat Sunnah Setelah Sholat Jumat
Rasulullah bersabda yang artinya, “Apabila kalian telah selesai mengerjakan sholat Jumat, maka sholatlah empat rakaat.” Amr menambahkan dalam riwayatnya dari jalan Ibnu Idris, bahwa Suhail berkata, “Apabila engkau tergesa-gesa karena sesuatu, maka sholatlah dua rakaat di masjid dan dua rakaat apabila engkau pulang.” (HR. Muslim, Tirmidzi)
8. Membaca Surat Al Kahfi
Nabi bersabda yang artinya, “Barang siapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat maka Allah akan meneranginya di antara dua Jumat.” (HR. Imam Hakim dalam Mustadrok, dan beliau menshahihkannya)

Demikianlah sekelumit etika yang seharusnya diperhatikan bagi setiap muslim yang hendak menghidupkan ajaran Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika di hari Jumat. Semoga kita menjadi hamba-Nya yang senantiasa di atas sunnah Nabi-Nya dan selalu istiqomah di atas jalan-Nya.




21 comments:

  1. sharing is caring
    semoga bermanafaat

    ReplyDelete
  2. Terima kasih ,bertambah ilmu di pagi Jumaat ni

    ReplyDelete
  3. Terima kasih Kak Noor atas perkongsian :)

    ReplyDelete
  4. Assalamualaikum Kak Noor,

    Terima kasih berkongsi pengetahuan. Duduk jauh-jauh dinegara orang bukan Islam amat mencabar. Hendak ke mesjid atau surau kadang-kadang menjadi berbagai halangan. Makanya perlu usaha lebih untuk mencari ilmu agama agar iman di dada tidak goncang atau berkurangan iman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mmg memcabar kan maklong duduk dinegara omputih sana tu, buatlah semampu mungkin je maklong sebab kalau mudarat kan diri kita bahaya tu

      Delete
  5. Terima kasih atas perkongsian ni ye kak

    ReplyDelete
  6. Mudah-mudahan dapat kita praktikkan. Apa khabar, Kak Noor? Maaf lama tak ke mari :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah farah kaknoor ok je sihat ada nya
      tkyh lah nk minta maaf kaknoor pin sama jugak kekadang sibuk tk jalan jugak umah farah hehe

      Delete
  7. Perkongsian yang sangat baik Kak Noor sambil-sambil rehatkan kepala.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul tu Diana minda yg letih mesti tenang baca ni kan

      Delete
  8. Tq berkongsi ilmu KN....insyaallah mana yg boleh kita cuba buat....

    ReplyDelete
  9. Tq berkongsi ilmu KN....insyaallah mana yg boleh kita cuba buat....

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul Anom yg mana terdaya boleh kita buat kan

      Delete

Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home